CEGAH BAHAYA POHON TUMBANG, DINAS LINGKUNGAN HIDUP LAKUKAN PEMANGKASAN POHON DI KOMPLEK RUMAH DINAS BUPATI

Banyaknya pepohonan dan makin banyaknya intensitas angin di Kota Sanggau serta untuk mencegah adanya bahaya pohon tumbang, Dinas Lingkungan Hidup Bidang Pertamanan melakukan kegiatan pemangkasan pohon di beberapa ruas jalan di Kota Sanggau salah satunya di Komplek Rumah Dinas Bupati Sanggau.

Pemangkasan sendiri  adalah penghilangan beberapa bagian tanaman. Dalam suatu kebun hal ini biasanya berkaitan dengan pemotongan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit, tidak produktif, atau yang tidak diinginkan. Secara alami, kondisi-kondisi alam seperti angin, salju, atau kabut dari air laut dapat mengakibatkan pemangkasan alami. Tujuan dari pemangkasan adalah untuk membentuk tanaman dengan cara mengontrol atau mengarahkan pertumbuhan tanaman, untuk menjaga kesehatan tanaman, atau untuk meningkatkan hasil atau kualitas buah atau bunga yang dihasilkan.

Secara umum, semakin kecil luka yang diakibatkan (semakin kecil ranting yang dipotong), semakin kecil pula luka yang dialami oleh pohon. Maka dari itu biasanya lebih baik sebuah pohon dipangkas ketika masih remaja, daripada memangkas dahan pohon yang sudah dewasa. Jika sebuah pohon yang kecil dipangkas dengan salah dan rantingnya patah, hal tersebut tidak akan mengakibatkan kerugian yang banyak. Namun jika sebuah pohon besar di samping rumah dipangkas dengan (cara yang) salah, dan sebuah dahan jatuh dari ketinggian 15 meter, hal tersebut bisa berakibat fatal.

Usia pohon-pohon yang sudah tua serta ranting-ranting yang menutup beberapa ruas jalan merupakan salah satu alasan kenapa perlu dilakukan pemangkasan pohon. Tujuan pemangkasan pohon ini untuk membentuk tanaman dengan cara mengontrol atau mengarahkan pertumbuhan tanaman, untuk menjaga kesehatan tanaman, atau untuk meningkatkan hasil atau kualitas buah atau bunga yang dihasilkan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.