PENDAMPINGAN KEGIATAN SEKOLAH ADIWIYATA

Pembangunan yang berkelanjutan telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama masyarakat dunia untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan dan kehancuran akibat pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas dalam mewujudkan dan mendukung pembangunan tersebut di Indonesia, telah dibuat dan disepakati kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) oleh 4 (empat) instansi/kementerian yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Kementerian Pendidikanan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri. Kebijakan ini sebagai dasar arahan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pelaksanaan dan pengembangan PLH di indonesia serta sebagai salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahanan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan melalui dunia pendidikan.

Dalam upaya mempercepat pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup khususnya jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, maka pada tanggal 21 Februari 2006 telah dicanangkan PROGRAM ADIWIYATA, dengan tujuan mendorong dan membentuk sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Atas latar belakang di atas maka Dinas Lingkungan Hidup Kab.Sanggau pada tahun 2017 ini mengadakan kegiatan Sekolah Adiwiyata di beberapa tingkatan sekolah dari mulai tingkat SD sampai SMA yang ditunjuk atas hasil musyawarah Tim pembina serta masukan dari beberapa pihak.

Sekolah tersebut antara lain, untuk tingkat SD adalah SD MIN Teladan Sanggau, SD Paroki Sanggau dan SDN 09 Sanggau. Untuk tingkat SMP adalah SMP Sugiyopranoto, SMP N 1 Sanggau dan MTS Sanggau. Untuk tingkat SMA adalah SMA N 1 Sanggau, SMA N 2 Sanggau dan SMK N Sanggau.

Dalam rangka kegiatan sekolah adiwiyata tersebut, Dinas Lingkungan Hidup bersama-sama Tim Pembina melakukan kegiatan pembinaan Sekolah Adiwiiyata dengan tujuan agar sekolah-sekolah yang mengikuti sekolah adiwiyata dapat mempersiapkan bahan-bahan serta hal yang diiperlukan dalam persiapan penilaian sekolah adiwiyata serta untuk mengetahui kekurangan-kekurangan sehingga dapat dilakukan perbaikan selanjutnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.