JAGA KEBERSIHAN LANDASAN TPA, ERJUANDA DAN ATENG AKTIF SAPU LANDASAN

TPA Sei Kosak yang berlokasi di Jalan menuju Kampung Sei Kosak, Sanggau ini merupakan satu-satunya TPA yang khusus diperuntukkan untuk pembuangan sampah dari TPS di wilayah-wilayah Kota Sanggau. Luas TPA yang kurang lebih 4 ha ini selain menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga juga merupakan salah satu tempat bagi sebagian orang untuk mengais rejeki.

Melihat kondisi TPA Sei Kosak yang sering kali terlihat tidak terawat terutama di Landasan tempat angkutan kendaraan sampah membuang sampah selalu kotor dan kumuh, untuk itu salah satu tenaga kebersihan Erjuanda yang biasa di panggil randu ini bergerak hatinya untuk melakukan pembersihan ataupun penyapuan di kawasan tersebut. Kegiatan ini randu lakukan setiap sore hari atau menjelang waktu terbenamnya matahari. Ateng yang terkadang menemani randu dalam kegiatan ini mengatakan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh randu.” Perbuatan yang perlu dicontoh oleh bagi kita semua, tanpa disuruh, tanpa diupah randu saya lihat sering melakukan kegiatan penyapuan di sekitar landasan TPA ini” terang Ateng yang juga merupakan salah satu tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.” Setiap saya turun kerja ke sawah, kebetulan sawah saya dekat TPA saya lihat anak ini sendirian menyapu Landasan TPA ini, melihat apa yang dilakukan randu sayapun ikut tergerak hati untuk membantu randu” lanjut Ateng.

Sementara itu dalam penuturan oleh Randu sendiri mengatakan “ apa yang saya lakukan ini adalah murni panggilan hati saya selaku tenaga kebersihan, tak elok kalau kita lihat landasan TPA ini kotor, kasihan kawan-kawan angkutan kalau membuang sampah terkadang kesulitan, apabila ada sekitar bangunan landasan yang bobol, tidak ada niat lain saya kecuali menjaga bangunan landasan TPA ini tetap terawat” terang Randu.

Melihat contoh diatas, seyogjanya kita patut bersyukur ternyata di jaman sekarang ini masih ada yang mau bekerja di luar jam kerjanya tanpa meminta imbalan ataupun uang lembur. Semoga ada randu-randu lain yang turut ikhlas menjaga kebersihan sehingga lingkungan kita tetap terjaga kebersihannya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.