Pohon Tumbang DLH Sanggau Lakukan Pemotongan, Pembersihan dan Pengangkutan

Intensitas hujan yang tinggi disertai dengan angin yang cukup kuat di Kota Sanggau mengakibatkan satu buah pohon jenis angsana tumbang tepat di depan Kantor Pemda Sanggau pada hari ini Kamis ( 19/08/2021). Beberapa saksi mata yang melihat kejadian tersebut seperti yang dituturkan oleh Idulkifli salah satu warga tanjung Kapuas yang sempat melintas di jalan tersebut menuturkan” sekitar jam 17.45 atau sebelum magrib karena cuaca hujan dan angin cukup kuat tiba-tiba terdengar bunyi krak, ternyata setelah kami lihat ada pohon tumbang, beruntung tepat pada kejadian lalu lintas di jalan tersebut sedang lengang, sehingga tidak terjadi  hal-hal yang tidak diinginkan” tutur Idulkifli.

Setelah mendapat laporan dari beberapa warga, personil Dinas Lingkungan Hidup yang langsung dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Agus Sukanto, S.Hut didampingi oleh Kabid RTH H.Supardi, S.Ap,M.Si serta Kabid PSLB3 Agripinus Sinar, Sos bersama-sama beberapa personil langsung turun ke TKP untuk melakukan kegiatan pemotongan, pembersihan serta pengangkutan pohon tersebut.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Sukanto, S.Hut mengungkapkan “ sekitar pukul 18.00 WIB kami menerima laporan via Wa grup bahwa ada pohon tumbang tepat di depan Kantor Pemda Sanggau, berkaitan dengan laporan tersebut kami Dinas Lingkungan Hidup langsung menurunkan personil untuk melakukan kegiatan pemotongan, pembersihan selanjutnya kami angkut ke TPA Sei Kosak karena jangan sampai pohon tumbang ini menganggu lalu lintas” ungkap Agus Sukanto, S.Hut.

Sementara itu Kepala Bidang RTH dan Kehati H.Supardi, S.AP, M.Si menyampaikan” memang pohon ini sudah cukup berumur, sehingga memang rawan untuk tumbang, kami dari Dinas Lingkungan Hidup dalam beberapa waktu kedepan akan kami rencanakan untuk melakukan pemangkasan beberapa pohon di Kota Sanggau agar mengurangi resiko pohon tumbang seperti yang terjadi pada hari ini “ tutup H.Supardi, S.AP, M.Si.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis