DLH Kab Sanggau lakukan Sosialisasi dan Inventarisasi Gas Rumah Kaca

Bertempat di Hotel Emerald Sanggau Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan Sosialisasi Inventarisasi Gas Rumah Kaca, Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim pada tanggal 31 Oktober-02 November 2022.

Kegiatan ini dibuka secara simbolis oleh Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau yang diikuti oleh beberapa undangan dari perangkat daerah dan para camat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dengan narasumber dari Institut Pertanian Bogor dan Lembaga BRIN.

Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Yesaya Poulorossi P.Antang,ST.M.Si mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan bahwa” Sosialisasi ini sangat penting sebagai salah satu upaya kita untuk menurunkan emisi GRK yang berdampak pada terjadinya pemanasan global” kata Yesaya dalam sambutannya.

Pemanasan Global berdampak pada perubahan iklim, curah hujan dan suhu, naiknya permukaan air laut, berdampak pula pada ekosistem. Pemanasan global menjadi persoalan dunia yang menuntut seluruh negara untuk berkomitmen mengurangi emisi GRK. Indonesia termasuk dalam 175 negara yang wajib melaporkan emisi GRK ke PBB.

Yesaya berharap melalui kegiatan sosialiasi yang melibatkan berbagai unsur bagi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga ke kecamatan dan desa ini dapat meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam melakukan inventarisasi GRK. Salah satu pengurus perbakin Sanggau ini juga berharap inventarisasi GRK dapat meningkatkan kualitas udara yang lebih sehat sehingga memberi manfaat bagi masyarakat.

“ Kita berharap dan sangat ingin Sanggau menjadi success story bagi daerah lain dalam pelaksanaan inventarisasi GRK, tentunya ini membutuhkan komitmen kita bersama” ujarnya.” Selain itu inventarisasi GRK merupakan kegiatan untuk memperoleh data dan informasi mengenai tingkat status, dan kecenderungan perubahan emisi GRK secara berkala dari berbagi sumber emisi dan penyerapannya, termasuk simpanan karbon” tambah Yesaya.

Sementara itu salah satu pejabat fungsional di Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Gusti Moch Mulyadi, S.Hut. menambahkan kegiatan sosialisasi ini dilangsungkan selama 3 hari dari tanggal 31 Oktober 2022-02 November 2022 dengan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya yaitu dari Institut Pertanian Bogor dan Lembaga BRIN

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis