PEDULI SAMPAH DAN HADAPI HARI JADI KOTA SANGGAU 402 PEMDA SANGGAU ADAKAN KERJA BAKTI

Sesuai Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No: SE.1/MenLKH/PSLB3/PLB.01/2018 tentang kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah 2018 serta dalam rangka menghadapi hari Jadi Kota Sanggau yang ke 402, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau menyelenggarakan kegiatan kerja bakti yang diikuti oleh seluru OPD Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Kecamatan Kapuas dan Kelurahan se Kabupaten Sanggau pada hari Jum’at, 23-03-2018. Kegiatan ini dilakukan di berbagai tempat di Kota Sanggau antara lain sepanjang jalan protokol di Kota Sanggau, terminal oplet dan bis, Kampung Wisata Kabana, Keraton Suryanegara dan Komplek Sabang Merah.

Kegiatan ini diharapkan untuk menjadikan Indonesia bebas dari sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama. “ Sanggau tanpa sampah akan terwujud jika kita memiliki komitmen dan melakukan langkah sinergi berkelanjutan,” kata Lukman,S.AP Kabid Kebersihan Dinas lingkungan Hidup.

Lukman,S.AP mengungkapkan berbagai kebijakan telah dilakukan Pemerintah antara lain dengan membentuk UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 2013 tentang sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga. Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang kebijakan nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya. Sementara itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sendiri telah mengeluarkan Perda No 06 Tahun 2016 tentang pengelolaan sampah.

Sementara itu ditempat terpisah salah satu pengawas lapangan kegiatan kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Leo Subarnoto menyampaikan dan mengajak kepada masyarakat agar dapat bersama-sama mengampanyekan gerakan di media sosial yaitu gerakan bebas sampah.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.