JANGAN BUANG SAMPAH KE SUNGAI

Diantara Kebiasaan buruk masyarakat yang sulit dihilangkan adalah membuang sampah ke sungai. Kebiasaan ini seperti tradisi bagi warga yang berdiam di bantaran Sungai. sebagai contoh adanya tumpukan sampah beterbaran di salah satu sungai di Kota Sanggau yaitu Sungai Liku, ini dapat mengakibatkan tertahannya air limpahan dari dataran tinggi, bau tak sedap, merusak pemandangan, tumpukan sampah di sungai juga menyimpan banyak resiko penyakit.

Kabid Pengelolaan Lingkungan Hidup Ir.H.Nadjmi mengatakan bahwa lingkungan sejatinya sangat berpengaruh terhadap bahaya kesehatan, misalnya pada musim hujan dan banjir, resiko terserang penyakit meningkat.

“ musim hujan dapat membuat perkembangan virus atau bakteri lebih cepat atau banyak dibandingkan biasanya karena terkait dengan perkembangbiakannya” kata Ir.H.Najmi.

Beberapa jenis penyakit yang mengintai termasuk berbahaya antara lain Deman Berdarah yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Sementara itu diare dan leptospirosis meskipun tak mengancam nyawa bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain yang berbahaya.

Dari pengamatan di Sungai Liku, lautan sampah yang ada di dominasi jenis sampah anorganik seperti kantong kresek, botol, plastik, kaleng, lalu banyak bekas wadah makanan atau styrofoam, kayu, busa, kardus, kain dan masih banyak jenis lainnya.

Berkaitan dengan hal di atas Dinas Lingkungan Hidup Bidang Pengelolaan rutin melakukan kegiatan pembersihan sampah-sampah sungai tersebut. Abang Diansyah salah satu pegawai Dinas Lingkungan Hidup yang bertugas melakukan pembersihan sampah-sampah tersebut sangat heran kenapa setiap hari masih ada warga yang membuang sampah ke sungai sementara tempat pembuangan sampah sudah di sediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, untuk itu abang diansyah yang akrab dipanggil om Gepeng ini sangat mengharapkan agar masyarakat dapat merubah perilakunya tersebut dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.